Selamat Datang di Website
Gereja Katolik St Ignatius Magelang
   
Kunjungan Pastoral Bapak Uskup dan Penerimaan Sakramen Penguatan 
Monday, September 5, 2011, 16:38 - BERITA Posted by Administrator

suasana wawan hati


Hari Minggu, 4 September 2011, menjadi hari yang istimewa bagi Paroki St Ignatius Magelang. Hari ini sebanyak 146 umat menerima Sakramen Penguatan dari tangan Mgr Johannes Pujasumarta. Rencananya penerimaan sakramen ini akan diadakan pada tanggal 3 September. Mengingat adanya liburan Idul Fitri, penerimaan sakramen Penguatan diundur tanggal 4 September 2011 pukul 16.30.


Mgr Puja memberikan pengantar didampingi Rm Krisno


Dalam kotbahnya, Mgr Puja mengajak umat untuk terus menggelorakan semangat iman berkat Roh Kudus yang telah diterima oleh setiap umat. "Salah satu bentuk keteladanan dalam menggelorakan semangat iman tampak dalam gambar yang ada dalam tongkat kegembalaan ini. Di sini digambarkan ada seekor burung Pelikan dan anak-anaknya. Yang menarik, induk burung ini terlihat sedang mencucukkan paruh di dadanya sendiri. Mengucurlah darah. Dari darah inilah, anak-anak burung Pelikan itu dapat hidup" demikian tegas Mgr Puja.


Rm Krisno saat memberikan pengantar sekaligus pemaparan dinamika umat st Ignatius


Setelah penerimaan Sakramen Penguatan diadakan acara ramah tamah dan wawanhati perwakilan umat dengan Mgr Pujasumarta. Pada kesempatan ini Rm Krisno Handoyo memberikan laporan perkembangan situasi dan dinamika umat. "Kesan umum gereja itu hanya berkutat di seputar altar. Namun, hal itu tidak lagi tampak dalam tahun-tahun terakhir di Ignatius. Seturut dinamika keuskupan, Paroki Ignatius menempatkan bidang Litbang pada urutan pertama. Hal ini berkaitan dengan konsientisasi Arah Dasar KAS yang pada tahun pertama menitikberatkan pada pendataan. Urutan kedua adalah bidang pewartaan. Jika ditelusur, gerakan untuk menjadikan imam semakin mendalam dan tangguh menjadi dasar sehingga bidang ini menempati urutan kedua. setelah itu disusul bidang liturgi. Iman yang mendalam dan tangguh semakin ditampakkan dalam tindakan ritual" demikian paparan Rm Krisno dengan gayanya yang khas.


umat tampak serius mengikuti wawan hati


Dalam wawanhati ini, Arah Dasar KAS menjadi sorotan utama. Pembicaraan diarahkan supaya Arah Dasar ini semakin membumi dan semakin berdaya guna bagi umat.


Rm Martoyoto tampak setia dan tekun mengikuti wawan hati


Umat cukup antusias untuk mengikuti wawanhati ini. Akhirnya wawanhati ini berakhir pada pukul 21.00. Masih ada pekerjaan rumah: bagaimana membawa hasil wawanhati ini ke umat sehingga umat yang tidak mengikuti acara ini pun dapat ikut merasakan dan dapat semakin terlibat membangun Gereja seturut peran dan fungsinya.

SEMINAR IBU DAN ANAK 
Sunday, August 7, 2011, 18:29 - BERITA Posted by Administrator


Bidang Pelayanan Kemasyarakatan mengadakan Seminar Ibu dan Anak dengan tema "MENGENAL BAHASA KASIH IBU-ANAK". Seminar ini diadakan pada hari Minggu & Agustus 2011 bertempat di Gedung Mandala.

Dalam sambutannya, Romo Krisno Handoyo mengajak peserta untuk menyadari bahwa bahasa kasih orang tua hendaknya menjadi cerminan bahasa kasih Allah sendiri.



Sementara Ibu Arum Widinugraheni M.Psi yang menjadi pembicara tunggal dalam seminar tersebut mengajak para peserta untuk mengambangkan pola komunikasi yang baik sehingga pendidikan informal dalam keluarga terjadi secara sehat. Dengan adanya pola komunikasi yang sehat, bisa dipastikan terjalinlah sebuah komunikasi kasih yang mesra dalam keluarga. Melalui film-film pendek yang dipertontonkan Ibu Arum mengajak para peserta sadar bahwa ada demikian banyak pola komunikasi salah yang selama ini terjadi. Pola komunikasi yang salah misalnya teguran "JANGAN ..." Teguran memang baik, tetapi jika salah menempatkan maka teguran itu bisa berakibat sebaliknya. Seorang anak yang ditegur jangan nakal, maka yang terpikir dalam benak anak itu adalah nakalnya.



Pada bagian akhir, Ibu Arum mengingatkan orang tua agar berhati-hati dalam bertindak dan berbicara. Apa yang didengar oleh anak, itulah yang dilakukan oleh anak. Apa yang dilihat oleh anak, itulah contoh yang juga akan dilakukannnya. "Children see, children do," demikian tegas ibu Arum.


UJIAN TERTULIS CALON KRISMA 
Sunday, August 7, 2011, 18:00 - BERITA Posted by Administrator
Bertempat di Panti Bina Bhakti, Tim Kerja Inisiasi mengadakan ujian tertulis bagi calon penerima Sakramen Penguatan yang telah mengikuti pendampingan selama 4 bulan terakhir.

"Menurut daftar, ada 165 calon yang akan mengikuti Penguatan di Paroki St Ignatius. Hari ini yang mengikuti ujian ada 125 calon. Masih ada sebagian siswa SMP Tarakanita yang tidak mengikuti ujian tertulis ini. Mereka akan mengadakan ujian secara tersendiri" demikian jelas Ibu Irine selaku koordinator tim kerja Inisiasi.

Menurut rencana, penerimaan Sakramen Penguatan akan diadakan pada tanggal 3 September 2011. Sakramen Penguatan akan diberikan langsung oleh Mgr Johannes Pujasumarta, Uskup Keuskupan Agung Semarang.
MALAM TIRAKATAN HUT PAROKI ST IGNATIUS KE 111 
Sunday, July 31, 2011, 06:07 - BERITA Posted by Administrator

selawatan katolik dari wilayah slanden, paroki promasan


Tak terasa, usia Paroki St Ignatius telah sampai pada angka 111. Perjalanan panjang telah dilalui paroki Ignatius dengan segala dinamikanya. Seluruh proses dinamika itu tentu membawa makna mendalam bagi gereja st Ignatius dalam mewujudkan jati dirinya.

St ignatius merupakan santo pelindung Paroki st Ignatius. Cita-cita dan semangat St Ignatius itulah yang terus menerus dihidupi dan diperjuangkan. Untuk itulah, tema HUT kali ini adalah Menjadi Gereja yang semakin signifikan dan relvan berdasarkan spiritualitas St Ignatius. Untuk sampai pada tataran itu, berbagai kegiatan diadakan.


romo krisno sedang memberikan pengantar


salah satu kegiatan yang menjadi unggulan adalah bagaimana semakin mendalami spiritualitas St Ignatius. Pertanyaan ini dijawab dengan kegiatan seminar spiritualitas ignatius dan triduum yang mencoba menggali spiritualitas ignatius supaya menjadi pergulatan umat. Dengan menggali spiritualitas St Ignatius, diharapkan tidak hanya berhenti pada tataran pembicaraan namun sungguh mengakar dalam kehidupan umat sehingga Gereja hadir secara nyata dalam kehidupan.



Malam ini, Sabtu 30 Juli 2011, diadakan malam tirakatan. Acara ini diadakan sebagai persiapan perayaan HUT Gereja yang akan diadakan hari Minggu 31 Juli 2011. Malam tirakatan ini menjadi malam untuk bermenung sekaligus menjadi malam untuk berefleksi bersama. salah satu topik pembicaraannya adalah soal pendidikan katolik.

Malam tirakatan ini dimeriahkan dengan kesenian sloka dari Wilayah Slanden, Paroki St Maria Lourdes Promasan. Dengan nyanyian selawatan bernuansa katolik ini, umat diajak untuk terus menerus menghayati iman dalam konteks budaya.


antusiasme para peserta dalam mengikuti malam tirakatan


<<First <Back | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 Gereja Katolik St Ignatius Magelang