Selamat Datang di Website
Gereja Katolik St Ignatius Magelang
   
LINGKUNGAN CAROLUS CACABAN BARAT 
Saturday, August 14, 2010, 02:56 - Profile Lingkungan Posted by Administrator
Lingkungan paling barat
Lingkungan Carolus Cacaban Barat merupakan lingkungan paling barat dari wilayah Carolus. Dengan jumlah umat 90 orang dalam 30 KK. Yang menikah Katolik ada 23 KK, 2 KK beda Gereja, dan 5 KK menikah beda agama. Dilingkungan ini terdapat 8 orang janda dan 5 orang duda. Berdasarkan profesi/ pekerjaan di lingkungan ini terdapat 11 orang pelajar, 3 orang mahasiswa, TNI/POLRI/PNS ada 4 orang, wiraswasta 32 orang, dan 36 orang lainnya tidak terdata. Keberadaan umat di lingkungan ini tentu saja perkembangannya juga karena adanya peran para pendahulu, seperti ; Bapak Wariso, Bapak Priharto, dan masih banyak lagi keluarga – keluarga lain.

Lingkungan guyub
Lingkungan ini termasuk lingkungan yang guyub. Dilihat dari keadaan ekonomi umat termasuk dalam golongan menengah ke bawah. Dengan realita tingkat perekonomian yang berimbang inilah maka kebersamaan dan keguyuban itu terasa sangat kuat. Hal yang menggembirakan, di lingkungan ini juga dirasakan dengan peran orang muda dalam berbagai kegiatan lingkungan.

LINGKUNGAN CAROLUS CACABAN TIMUR 
Saturday, August 14, 2010, 02:55 - Profile Lingkungan Posted by Administrator
Lingkungan Carolus Cacaban ini berdiri sejak tahun 1987. Jumlah umat di Lingkungan ini sebanyak 58 orang dengan jumlah KK yang dimiliki sebanyak 21 KK. Dari jumlah KK yang dimiliki itu, terdapat 8 orang janda dan 2 orang duda. Berdasarkan usia umat mayoritas usia dewasa. Berdasarkan profesi atau pekerjaan, data umat di lingkungan ini cukup beragam ; guru, wiraswasta, dan pegawai baik negeri maupun swasta,

Bagian dari wilayah Cacaban
Lingkungan Carolus Cacaban Timur pada awal sejarahnya memang tidak bisa lepas dari wilayah Cacaban secara keseluruhan. Ada nama – nama yang meskipun tidak secara langsung sangat berpengaruh terhadap perkembangan umat di lingkungan ini, seperti ; Bapak J.Sujari, Bapak Prapto, Bapak Bernard Sumarto, Bapak Yuwono, Bapak Bambang Sutejo, Bapak Suwito, Bapak Suwarto, Bapak Subandi dan tentu saja masih banyak tokoh yang kemudian tidak lagi tercatat dalam benak umat saat ini, karena sebagian besar putra – putrinya tidak lagi berada di Magelang.

Menurut data, lingkungan saat ini dipimpin oleh Bapak Ign. Teguh Hartono yang dibantu oleh sekretaris Ibu Martina Suprapti dan bendahara Ibu Seravica Martini. Disamping seksi – seksi yang membantu jalannya kegiatan pelayanan di lingkungan.

Kegiatan rutin Gereja dan lingkungan

Kegiatan – kegiatan di lingkungan ini memang berjalan cukup baik, terutama yang lebih bersifat rutin ; sembahyangan, doa Rosario, meskipun dalam hal regenerasi kepengurusan berjalan kurang baik. Umat Katolik di lingkungan ini memiliki hubungan sangat baik dengan masyarakat setempat, terlebih dalam kegiatan untuk kepentingan bersama; dalam kepengurusan RT, RW. Juga dalam kegiatan – kegiatan lain seperti kerja bakti, kumpulan ibu – ibu Darwis dsb.

LINGKUNGAN CAROLUS KYAI MOJO 
Saturday, August 14, 2010, 02:53 - Profile Lingkungan Posted by Administrator
Jumlah umat di lingkungan Carolus Kyai Mojo saat ini ada 91 orang dalam 28 KK. Dari ke 28 KK itu terdapat 25 KK Katolik, 1 KK nikah beda Gereja, dan 2 KK yang nikah beda agama dan terdapat 11 janda. Melihat profesi/ pekerjaannya terdapat Pelajar 13 orang, TNI/POLRI/PNS ada 8 orang, dan pesiunan 7 orang. Sementara sisanya tidak terdapat keterangan.

Perkembangan umat dan pemekaran wilayah

Lingkungan Carolus Kyai Mojo merupakan pemekaran lingkungan dari wilayah Cacaban yang pada awalnya, seiring dengan kehadiran umat Katolik di Magelang telah dirintis oleh para tokoh umat saat itu. Masih terlintas dalam ingatan umat yang saat ini berada di lingkungan ini, nama – nama diantaranya ; Bapak Pudjo Mulyono, Bapak Sunarno dan tentu saja masih banyak lagi keluarga – keluarga lain yang mempunyai peran dalam pengembangan umat di lingkungan ini.

Dinamis namun belum merata terlibat
Berbagai kegiatan di lingkungan ini berjalan dengan baik, seperti pendalaman iman, doa lingkungan dan ibadat sabda, meskipun pelaksanaannya masih belum bisa merata di keluarga – keluarga, dikarenakan masih banyak yang belum bersedia ketempatan. Regenerasi kepengurusan lingkungan juga cukup dinamis, saat ini orang – orang muda telah berperan dalam kepengurusan.

Di beberapa keluarga Katolik sesekali masih ada sedikit ‘singgungan’ dengan umat beragama lain, namun masih dalam batas yang bisa diselesaikan dengan selalu berbuat baik kepada mereka yang berbeda agama.


SYUKUR 110 TAHUN 
Friday, August 6, 2010, 18:52 - BERITA Posted by Administrator


<<First <Back | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 Gereja Katolik St Ignatius Magelang