Selamat Datang di Website
Gereja Katolik St Ignatius Magelang
   
LINGKUNGAN CAROLUS CACABAN TIMUR 
Saturday, August 14, 2010, 02:55 - Profile Lingkungan Posted by Administrator
Lingkungan Carolus Cacaban ini berdiri sejak tahun 1987. Jumlah umat di Lingkungan ini sebanyak 58 orang dengan jumlah KK yang dimiliki sebanyak 21 KK. Dari jumlah KK yang dimiliki itu, terdapat 8 orang janda dan 2 orang duda. Berdasarkan usia umat mayoritas usia dewasa. Berdasarkan profesi atau pekerjaan, data umat di lingkungan ini cukup beragam ; guru, wiraswasta, dan pegawai baik negeri maupun swasta,

Bagian dari wilayah Cacaban
Lingkungan Carolus Cacaban Timur pada awal sejarahnya memang tidak bisa lepas dari wilayah Cacaban secara keseluruhan. Ada nama – nama yang meskipun tidak secara langsung sangat berpengaruh terhadap perkembangan umat di lingkungan ini, seperti ; Bapak J.Sujari, Bapak Prapto, Bapak Bernard Sumarto, Bapak Yuwono, Bapak Bambang Sutejo, Bapak Suwito, Bapak Suwarto, Bapak Subandi dan tentu saja masih banyak tokoh yang kemudian tidak lagi tercatat dalam benak umat saat ini, karena sebagian besar putra – putrinya tidak lagi berada di Magelang.

Menurut data, lingkungan saat ini dipimpin oleh Bapak Ign. Teguh Hartono yang dibantu oleh sekretaris Ibu Martina Suprapti dan bendahara Ibu Seravica Martini. Disamping seksi – seksi yang membantu jalannya kegiatan pelayanan di lingkungan.

Kegiatan rutin Gereja dan lingkungan

Kegiatan – kegiatan di lingkungan ini memang berjalan cukup baik, terutama yang lebih bersifat rutin ; sembahyangan, doa Rosario, meskipun dalam hal regenerasi kepengurusan berjalan kurang baik. Umat Katolik di lingkungan ini memiliki hubungan sangat baik dengan masyarakat setempat, terlebih dalam kegiatan untuk kepentingan bersama; dalam kepengurusan RT, RW. Juga dalam kegiatan – kegiatan lain seperti kerja bakti, kumpulan ibu – ibu Darwis dsb.

LINGKUNGAN CAROLUS KYAI MOJO 
Saturday, August 14, 2010, 02:53 - Profile Lingkungan Posted by Administrator
Jumlah umat di lingkungan Carolus Kyai Mojo saat ini ada 91 orang dalam 28 KK. Dari ke 28 KK itu terdapat 25 KK Katolik, 1 KK nikah beda Gereja, dan 2 KK yang nikah beda agama dan terdapat 11 janda. Melihat profesi/ pekerjaannya terdapat Pelajar 13 orang, TNI/POLRI/PNS ada 8 orang, dan pesiunan 7 orang. Sementara sisanya tidak terdapat keterangan.

Perkembangan umat dan pemekaran wilayah

Lingkungan Carolus Kyai Mojo merupakan pemekaran lingkungan dari wilayah Cacaban yang pada awalnya, seiring dengan kehadiran umat Katolik di Magelang telah dirintis oleh para tokoh umat saat itu. Masih terlintas dalam ingatan umat yang saat ini berada di lingkungan ini, nama – nama diantaranya ; Bapak Pudjo Mulyono, Bapak Sunarno dan tentu saja masih banyak lagi keluarga – keluarga lain yang mempunyai peran dalam pengembangan umat di lingkungan ini.

Dinamis namun belum merata terlibat
Berbagai kegiatan di lingkungan ini berjalan dengan baik, seperti pendalaman iman, doa lingkungan dan ibadat sabda, meskipun pelaksanaannya masih belum bisa merata di keluarga – keluarga, dikarenakan masih banyak yang belum bersedia ketempatan. Regenerasi kepengurusan lingkungan juga cukup dinamis, saat ini orang – orang muda telah berperan dalam kepengurusan.

Di beberapa keluarga Katolik sesekali masih ada sedikit ‘singgungan’ dengan umat beragama lain, namun masih dalam batas yang bisa diselesaikan dengan selalu berbuat baik kepada mereka yang berbeda agama.


Cornelius Jeksaan 
Tuesday, February 9, 2010, 13:25 - Profile Lingkungan Posted by Administrator

PETA WILAYAH
Batas-batas wilayah :
Di sebelah Utara : Wilayah Monica, Margareta
Di sebelah Timur : Wilayah Paulus, Katarina
Di sebelah Selatan : Wilayah Yohanes, Katarina
Di sebelah Barat : Wilayah Carolus

SEJARAH
Paguyuban umat di lingkungan ini telah terbentuk sejak sekitar Th 1978, dengan ketua lingkungan Bp. Eddy Hutoyo yang bertempat tinggal di Jeksaan. Beliau memang berasal dari daerah ini. Selain Bp. Eddy Hutoyo dan keluarga, ada pula keluarga Bapak Ibu Y. Tidarso, keluarga Bp Ibu Sumarno, keluarga ibu Sukesi, Ibu Th. Hartati Mardisiwoyo, Bp Ibu Sindu, Bp Ibu Hadi, Bp Ibu Kusdi, Ibu Juwahir, kemudian sekitar tahun 1990 an keluarga Bp Ibu BN Sugondo
Pada masa itu, kegiatan-kegiatan masih terpusat di paroki namun beberapa umat dari lingkungan ini terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Sebagai contoh beberapa ibu aktif di kegiatan karawitan gereja dan Wanita Katolik, beberapa remaja aktif dalam kegiatan Mudika. Budaya “ ubyang-ubyung” mudika saat itu sangat mewarnai kegiatan mudika yang dominan dengan kegiatan nyanyi-nyanyi baik paduan suara maupun vocal group.
Peringatan dan perayaan Natal dilaksanakan secara berkala di Balai Desa Cacaban namun tidak tiap tahun, dengan menampilkan kreasi umat lingkungan dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.
Sehubungan dengan penamaan lingkungan dengan menggunakan nama-nama Santo santa, lingkungan ini mengambil nama Cornelius dengan asumsi initial C disesuaikan dengan nama desa , yaitu Cacaban. Maka sejak Th 1987, lingkungan ini resmi bernama lingkungan Cornelius. Dalam perkembangannya nama Cornelius ditambah dengan nama kampung dimana lingkungan ini berada, yaitu Kejuron, Jeksaan, Kerkopan, dan Kauman. Demi adilnya maka diambil yang berlokasi tengah , yaitu Jeksaan. Secara lengkap lingkungan ini menjadi lingkungan Cornelius Jeksaan. Namun demikian pada umumnya umat di lingkungan ini kurang memahami siapa dan bagaimananya Cornelius.

UMAT LINGKUNGAN
Kini Bapak-bapak dan ibu-ibu sepuh tersebut sebagian sudah dipanggil Tuhan digantikan keluarga-keluarga muda sehingga umat di lingkungan ini kini mencapai sekitar 80 ( delapan puluh) jumlahnya dari kurang lebih 20 Kepala Keluarga.
Pasangan suami isteri Katolik ada 13 pasang, isteri Katolik-suami bukan Katolik ada 1 pasang, isteri Katolik – suami non-Kristiani ada 1 pasang. Sedang kepala keluarga yang berstatus janda 6 orang.

Berdasarkan status, perkawinan terdapat 24 orang yang belum menikah, 24 sudah menikah.
BELUM MENIKAH
1.Usia 1-7 tahun : Laki-laki = 1
2.Usia 8 – 12 tahun : Laki-laki = 1
3.Usia 13 – 35 tahun : Laki-laki = 10 Perempuan = 12
4.Usia 36 tahun keatas : Laki-laki = - Perempuan = -
Jumlah = 12 = 12
MENIKAH
1.Usia 65 tahun kebawah : Laki-laki = 11 Perempuan = 11
2.Usia 66 tahun keatas : Laki-laki = 1 Perempuan = 1
Jumlah = 12 = 12

Sementara berdasarkan pekerjaan/profesi terdapat

1 Pelajar 17
2 Mahasiswa 5
3 PNS/TNI/POLRI 7
4 Pensiunan/purnawirawan - 4
5 Wiraswasta 13
6 Pegawai swasta 3
JUMLAH 49

KELUARGA DI LINGKUNGAN INI

1 Bp. Ignatius Joko Purnomo
Ibu Joko
Anak :Sigit, Yunita, Niken
2 Ibu Yustina Hutamar
3 Ibu Suharti
4 Ibu Maria Magdalena Juwahir
6 Ibu Endang Sugondo
7 Bp. Yohanes Ridi
Ibu Erna
8 Bp. Al. Joko Pamungkas
Ibu Yustina
Anak :Dimas, Ade
9 Bp. Eduardus Yusuf Kusuma
Ibu Agnes Wiwien Prasetyati
Anak : Yulius Pramudyanto,Chrisopher Khrisna K, Stefina Paritta K
10 Bp. Yohanes Nico AL
Ibu Cornelia S. Supriyati
11 Ibu Margareta Sukesi
12 Bp. Petrus Bawon
Ibu Petrus
Anak :Antonius Aditya -
13 Bp. C. Agus Sutaryono
Ibu Agus
Anak : Lina, --
14 Ibu Markati
15 Bp. Bambang
Ibu Anggriani
Anak : Felix, ….
16 Bp. Edi Hartono
Ibu Ninik
Anak : ....
17 Bp. Fx. Doni Kusuma
Ibu Doni
18 Bp. Bambang Yunanto Hadi
Ibu Bambang
Anak : ....
19 Bp. Jipah
20 Bp. ……
Ibu Silvi
Anak : Arlin, ----
21 Bp. Sutikno/Bp. C. Sutarjo
22 Bp. B. Totok Widaryanto
Ibu Totok
Anak :Wendi, Rosalia Wanda

PENGURUS LINGKUNGAN CORNELIUS JEKSAAN
PAROKI ST. IGNATIUS MAGELANG

Periode 2010 – 2012
Ketua : Bp. Ignatius Joko Purnomo
Wakil Ketua : Bp. Eduardus Yusuf Kusuma
Sekretaris : Ibu Cornelia S Supriyati
Bendahara : Ibu Endang Sugondo
Prodiakon : Bp. FX Doni Kusuma
Bp. C. Agus Sutaryono
Sie Pewartaan : Ibu Agnes Wiwien YK
Sie Liturgi : Bp. C. Agus Sutaryono
Sie Mudika : Bp. B. Totok Widaryanto

Guna mendukung kegiatan berliturgi, lingkungan memiliki:
1.Prodiakon 1.Bp. Fx. Doni Kusuma,2.Bp. C. Agus Sutaryono
2.Putra Putri Altar 1.Ch. Khrisna Kusuma, 2.St. Paritta Kusuma
3.Rosalia Wanda, 4.Wendi
3.Organis 1.Ibu Silvi, 2.Arlin
4.Pemazmur 1.Ibu Doni, 2.Bp. Yohanes Nico, 3.Stefina Titta Kusuma
5.Lektor 1.Stefina Paritta/Titta
6.Dirigen 1.Bp. C. Agus Sutaryono

PARTISIPASI WARGA LINGKUNGAN DALAM KEGIATAN
Kegiatan lingkungan pada umumnya diwarnai kehadiran :
1 Ibu-ibu 70%
2 Bapak-bapak 25%
3 Mudika 24&
4 Anak-anak 1%

Partisipasi umat dalam pelaksanaan kegiatan lingkungan rata-rata mencapai 60%
Umat lingkungan yang aktif di kegiatan lingkungan sekitar 70%, di kegiatan wilayah 50% dan di paroki 30%.

DAFTAR NAMA WARGA LINGKUNGAN YANG TERLIBAT DI WILAYAH/PAROKI/KEVIKEPAN
1.Ibu Cornelia S. Supriyati,Sekretaris Ibu Paroki Wilayah
2.Ibu Endang Sugondo,pengurus Wilayah
3.Bp. C. Agus Sutaryono,Sie Liturgi Wilayah
4.Ibu Margareta Sukesi,Utusan Ibu Paroki dari wilayah ke paroki
5.Ibu Agnes Wiwien YK,Ketua Tim Kerja PIR,Anggota Tim KKM Kevikepan
6.Bp. B. Totok Widaryanto, Ketua Wilayah Wilayah
7.Bp. E. Yusuf Kusuma,Kabid.TO & Paguyuban Paroki

Respon terhadap undangan ujub-ujub/doa keluarga sekitar 70%. Pengurus lingkungan sudah berupaya mengadakan pendekatan pada warga lingkungan yang pasif meski respon ybs masih belum seperti yang diharapkan.
Partisipasi umat dalam mengisi amplop persembahan masih belum 100%, dan langsung dimasukkan ke kotak persembahan di gereja.

PAGUYUBAN DAN KEGIATANNYA
Warga lingkungan bertemu dan berkumpul dalam pertemuan rutin tiap bulan tanggal 9 atau menyesuaikan bila ada kegiatan lain yang bersamaan. Pertemuan lain seperti pertemuan masa Adven, APP, BKSN, doa Rosario, Triduum Hari Paroki berjalan sesuai jadwal yang ditentukan dan masuk dalam program tahunan.
Beberapa kegiatan bergabung dengan Wilayah Cornelius, seperti paguyuban ibu-ibu, pendampingan iman keluarga dan pendampingan iman anak. Demikian juga pendampingan bagi yang akan menerima sakramen Baptis, Komuni pertama dan Krisma bergabung dengan wilayah.

Catatan :
Latihan koor lingkungan diadakan 1 atau 2 bulan sebelum bertugas dengan frekuensi 1 minggu 1x dan 1 minggu 2 x
Selain itu beberapa warga lingkungan juga terlibat dalam koor wilayah

INVENTARIS LINGKUNGAN
1 Arsip kartu KK warga lingkungan 65,Di Kaling
2 Buku notula rapat,Di sekretaris
3 Buku laporan pembukuan keuangan,Di bendahara
4 Peralatan misa:
a. Kasula
b. Piala
c. Sibori
d. Salib duduk
e. Wirug
Disimpan di ketua lingkungan

PERAN SERTA DALAM MASYARAKAT

1.Bp. B. Totok Widaryanto,Ketua RT 02 RW 09 Kelurahan Magelang
2.Ibu MM Juwahir,Sekretaris Paguyuban Lansia RW 02 Kelurahan Cacaban
3.Bp. C Agus Sutaryono,Sie Kas Sampah RW 02 Kelurahan Cacaban
4.Bp. Al. Joko Pamungkas,Wakil Ketua RT 03 RW 02 Kelurahan Cacaban
5.Ibu Yustina Joko Pamungkas,Ketua Dawis Teratai RW 02 Kelurahan
6.Bp. E. Yusuf Kusuma,Sie Simpan Pinjam Paguyuban bapak-bapak RT 03
RW 02 Kelurahan Cacaban,Sekretaris APINDO Kota Magelang,
Anggota Dewan Pengupahan Kota Magelang,Anggota Tripartit Kota
Magelang




<<First <Back | 1 | 2 | 3 | 4 |

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 Gereja Katolik St Ignatius Magelang