Selamat Datang di Website
Gereja Katolik St Ignatius Magelang
   
AKSI DONOR DARAH 110 ORANG 
Sunday, July 11, 2010, 19:14 - BERITA Posted by Administrator


Dalam memperingati hari jadi Gereja Ignatius ke 110, Panitia mengadakan banyak kegiatan. Kemarin telah diadakan kegiatan jalan sehat. Hari ini, Minggu 11 Juli 2010, diadakan aksi sosial donor darah 110 orang. Aksi donor darah ini diikuti tidak hanya umat Ignatius, tetapi juga dari paroki-paroki tetangga. Ada yang dari Paroki St. Fatima Magelang dan Pancaarga.




Kegiatan Aksi Donor Darah 110 orang ini dimaksudkan untuk menumbuhkan aksi kemanusiaan. Gereja tidak hanya inklusif, tapi perlu membuka diri demi semakin tampaknya wajah sosial gereja. Aksi donor darah hendak menunjukkan kepedulian Gereja kepada masyarakat yang sedang sakit dan membutuhkan bantuan donor darah. Aksi ini bekerja sama dengan PMI Magelang Kota.

Romo Krisno (kiri) ketika menunggu giliran

Romo Wito sedang diambil darahnya

Tidak hanya berbicara, tapi para romo pun ikut memberikan contoh. Romo Krisno dan Romo Wito juga ikut memnyumbangkan darahnya dalam aksi donor darah 110 orang ini. Hal ini dimaksudkan supaya umat semakin tergugah untuk berani berbagi berkah kepada sesama.

JALAN SEHAT PAROKI IGNATIUS 2010 
Sunday, July 11, 2010, 18:45 - BERITA Posted by Administrator

Sudah sejak pukul 06.00, para peserta jalan sehat 2010 mulai berdatangan. Dari berbagai Lingkungan, datang ke halaman Gereja untuk mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka menyambut peringatan 110 tahun Gereja Ignatius. Mulai dari anak-anak sampai orang tua datang dan berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat ini. selain itu, ada juga tamu undangan dari masyarakat sekitar dan tokoh-tokoh relasi.




Tanggapan dari umat sangat luar biasa. target peserta yang dibuat oleh Panitia adalah 1110 peserta. faktanya, ada sekitar 1200 lebih peserta yang mengikuti kegiatan jalan sehat ini.Selain gratis, Panitia menyediakan kaos gratis untuk 1110 pendaftar pertama. selain itu, Panitia juga menyediakan aneka door prize. Hadiah utamanya adalah sebuah televisi 21 inch. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi umat. Sabtu, 10 Juli 2010, pukul 07.00 bendera start dikibarkan oleh Romo Krisno, pastur paroki St Ignatius. Pengibaran bendera ini menjadi tanda dimulainya jalan sehat.



Wajah-wajah gembira terpancar dari para peserta yang mengikuti kegiatan jalan sehat ini. Hal ini menunjukkan kegembiraan umat dalam menyambut hari jadi paroki yang ke 110. HUT paroki yang mengambil tema Berubah dengan Bernyukur dan Berbagi Berkat ini moga-moga menjadi konkret. tidak hanya berhenti pada sebuah perayaan seremonial semata, namun sungguh berbuah berkat bagi umat dan masyarakat. Semoga.


AGENDA KEGIATAN 110 TAHUN GEREJA IGNATIUS 
Friday, July 9, 2010, 23:56 - BERITA Posted by Administrator
Dalam rangka memperingati 110 tahun Gereja Ignatius, inilah agenda yang yang telah dipersiapkan oleh Panitia Syukur 110 tahun Gereja Ignatius:



1. 1-25 Juli 2010: Lomba Lingkungan
2. 10 Juli 2010: Jalan Sehat Keluarga; Route: Jl Yos Sudarso - Jln Pahlawan - Taman Badaan belok ke kiri ke arah kampung Tulung - Jl Sultan Agung - belok ke Jaln Kartini - Gereja
3. 11 Juli 2010: Aksi donor darah 110 orang.
4. 18 Juli 2010: Pameran kesehatan dan Konsultasi kesehatan; Lomba Homili
5. 25 Juli 2010: Lomba mewarnai gambar untuk PIA
6. 27-29 Juli 2010: Triduum di lingkungan
7. 29 Juli 2010: Kebangunan Rohani Katolik
8. 31 Juli 2010: Bedah rumah
9. 30 Juli 2010: Pembukaan Bazaar dan atraksi kesenian
10. 31 Juli 2010: Malam Tirakatan dan Dagelan mataraman(bintang tamu Den Baguse Dalijo dkk)
11. 1 Agustus 2010: Ekaristi Syukur 110 tahun gereja Ignatius; pentas seni; pesta umat



Kilas ingatan 
Friday, July 9, 2010, 15:10 - Sejarah Posted by Administrator
1957 – Prapatan Bogeman Kulon.

Dipojok timur – utara perempatan antara jalan Rama yang membentang dari utara ke selatan dan gang Subali – Jatayu dari arah timur ke barat hingga ujung jalan tepi sungai Manggis. Persis didepan gardu jaga malam yang biasa disiang hari digunakan untuk usaha gunting rambut, disitu berderet sekitar belasan anak usia SR ( sekarang SD ) dengan kekaguman mengamati motor pit ( sepeda motor ) besar yang diparkir.
Dari antara anak – anak itu sebagian sudah bisa mengeja tulisan yang tertera dibagian depan tangki ; ‘be-em-we‘. Sambil bergurau mereka menghitung kembang gula asem yang didapat dari orang yang memarkir motor pit buatan Jerman itu. Ada yang dapat tiga, ada yang empat, dua dan seterusnya.

Dari arah timur gang Subali muncul seorang lelaki remaja ikut nimbrung bareng anak – anak. ‘Romone nang endi le ? ( Romonya dimana nak ? )‘. Yang dimaksud Romo adalah Romo W. Van Heusden pemilik pit motor BMW. ‘ Wau kadhose nembe ngetan ‘, sahut salah seorang anak. Memang sering sekali romo Jesuit ini setiap kali kunjungannya ke kampung Bogeman selalu memarkir kendaraannya di depan gardu jaga malam.

Matahari saat itu mulai condong ke barat. Cuaca cerah dan udara dingin mulai terasa menyusup ke dalam pori – pori kulit. Beberapa ibu – ibu mulai muncul berjalan dari arah timur, sebagian membawa keranjang bakul berisi pakaian kotor yang akan mereka cuci di kali Manggis. Sampai di perempatan, persisnya dipojok selatan – barat mereka berhenti di warung pak Ali. Disitu mereka memesan gorengan tahu, tempe dan juga sayur sambal goreng tahu. Tak ketinggalan juga bacam saren untuk makan malam keluarga mereka.

Dibawah tangga semen yang digunakan untuk turun ke sungai sudah ada dua orang ibu yang sedang mencuci. Dengan sabun batangan warna hijau buram yang masih sedikit terlihat bergambar angsa sebagai merek, dua ibu itu menggosok – gosok kain jarit. Cahaya senja masih cukup kuat menerobos lewat celah – celah rimbun daun ‘wora – wari’ yang ditanam sepanjang tepian sungai.

Air sungai yang mengalir cukup deras digunakan anak – anak untuk bermain. Dengan ‘debog (batang pohon pisang)’ mereka terjun dari tangga sebelah barat sungai yang berada di kampung Juritan. Ditengah canda ria, anak – anak naik diatas ‘debog’ lalu mengapung mengikuti aliran sungai hingga sampai ke ‘buk selen (pagar jembatan yang kanan kirinya tidak sama)

E. YF K.

<<First <Back | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 Gereja Katolik St Ignatius Magelang