Selamat Datang di Website
Gereja Katolik St Ignatius Magelang
   
51 Anak Menerima Komuni Pertama 
Monday, June 27, 2011, 17:35 - BERITA Posted by Administrator

Hari raya Tubuh dan Darah Kristus yang dirayakan pada tanggal 26 Juni 2011 ini terasa berbeda. 51 Anak berpakaian putih-putih tampak berjajar rapi dengan didampingi oleh orang tuanya masing-masing. Raut kegembiraan tampak tergambar di wajah mereka. ke-51 Anak itu adalah merek ayang telah dipersiapkan sejak lama oleh Tim Inisiasi Paroki untuk menerima Komuni Pertama.

"Sebenarnya ada 53 anak, tetapi 2 dari antara mereka terpaksa ditunda karena tidak mengikuti persiapan secara lengkap" ungkap salah satu panitia Komuni Pertama.



Setelah penerimaan komuni pertama, anak-anak mengadakan pesta kebun di halaman belakang pasturan. pesta kebun ini sekaligus menajdi ajang menjalin persaudaraan di antara mereka. Acara ramah tamah ini menjadi tanda kepedulian orang tua untuk anak-anak mereka yang telah diperkenankan untuk menerima komuni pertama.



Pada hri Raya Tubuh dan darah Kristus ini juga diadakan Adorasi Ekaristi selama 24 jam dimulai dari Sabtu setelah Perayaan Ekaristi. Sakramen Ekaristi ditahtakan dalam montrans. Kemudian di adakan upacara penghormatan dan diarak menuju ke Panti Bina Bakti untuk ditahtakan di sana. Umat secara bergantian berjaga bhakti hingga Minggu sore. Moga-moga, peristiwa ini menajdi kesempatan bagi umat untuk menimba inspirasi dan semakin menguatkan iman umat.
Hari Doa Sedunia Untuk Panggilan Ke-48 
Friday, May 13, 2011, 13:27 Posted by Administrator



Pesan Paus Benediktus XVI
Hari doa sedunia untuk panggilan ke-48, 15 Mei 2011
Tema: Mendorong panggilan dalam Gereja Lokal


Saudara-saudari terkasih,
Hari Doa Sedunia Untuk Panggilan Ke-48 yang dirayakan pada tgl.15 Mei 2011, Minggu IV Masa Paskah, mengajak kita untuk merenungkan tema: MENDORONG PANGGILAN DALAM GEREJA LOKAL. Tujuh puluh tahun yang lalu, Venerabilis Paus Pius XII mendirikan sebuah Serikat Kepausan untuk Panggilan Imam. Serikat-serikat serupa, yang dipimpin oleh para imam dan anggota-anggotanya adalah kaum awam, secara berturut-turut didirikan oleh para uskup di banyak keuskupan, sebagai suatu tanggapan atas panggilan Sang Gembala Baik yang, “ketika Dia melihat orang banyak itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan telantar seperti domba tanpa gembala”. Lebih lanjut, Ia berkata: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja ke tuaian itu” (Mat.9:36-38).
Pekerjaan berat yang dapat meneguhkan dan mendukung panggilan menemukan sumber inspirasinya dari perikop Injil tersebut di atas, dimana Yesus memanggil para murid-Nya untuk mengikuti Dia dan melatih mereka dengan kasih dan perhatian. Kita hendaknya menaruh perhatian lebih dekat lagi pada cara Yesus memanggil orang-orang terdekat-Nya untuk mewartakan Kerajaan Allah (bdk. Luk.10:9). Pada tempat pertama, nampak jelas sekali bahwa hal pertama yang Ia lakukan adalah berdoa bagi mereka. Sebelum memanggil mereka, Yesus menghabiskan semalaman suntuk sendirian dalam doa sambil mendengarkan kehendak Bapa (bdk. Luk.6:12), dalam semangat kelepasan batin dari hal-hal duniawi. Ini merupakan percakapan yang mesra antara Yesus dengan Bapa-Nya sehingga menghasilkan panggilan bagi para murid-Nya. Panggilan pelayanan imammat dan hidup bakti pertama-tama dan terutama adalah buah dari kontak yang terus menerus dengan Allah yang hidup dan doa yang terus menerus diangkat kepada “Tuhan si empunya panenan” apakah dalam jemaat-jemaat paroki, dalam keluarga-keluarga Kristiani atau dalam kelompok-kelompok tertentu yang secara khusus membaktikan doa bagi panggilan.
Pada awal penampilan-Nya di depan umum, Tuhan memanggil beberapa nelayan di tepi pantai danau Galilea: “Mari, ikutilah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia” (Mat.4:19). Ia menyatakan perutusan mesianis-Nya kepada mereka dengan banyak “tanda” yang menunjukkan kasih-Nya kepada manusia dan anugerah belas kasih Bapa. Melalui Sabda dan cara hidup-Nya, Ia mempersiapkan mereka untuk melaksanakan karya keselamatan-Nya. Akhirnya, mengetahui “bahwa saat-Nya telah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa” (Yoh.13:1), Ia mempercayakan kepada mereka kenangan akan wafat dan kebangkitan-Nya, dan sebelum naik ke sorga, Ia mengutus mereka keluar ke seluruh dunia dengan perintah: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku” (Mat.28:19).
Ini merupakan suatu undangan yang membanggakan sekaligus menantang ketika Yesus berbicara kepada mereka dan berkata: “Ikutilah Aku”. Ia mengundang mereka menjadi sahabat-sahabat-Nya, mendengarkan firman-Nya dengan penuh perhatian dan tinggal bersama-Nya. Ia mengajarkan kepada mereka suatu komitmen yang total bagi Allah dan bagi perkembangan Kerajaan-Nya sesuai dengan perintah Injil: “Jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah” (Yoh.12:24). Ia mengajak mereka untuk meninggalkan rancangan dan pandangan kesempurnaan diri yang sempit agar dapat menceburkan diri ke dalam kehendak yang lain, yaitu kehendak Allah, dan dibimbing oleh kehendak-Nya. Ia menganugerahkan kepada mereka suatu pengalaman persaudaraan, yang dilahirkan dari keterbukaan secara total kepada Allah (bdk. Mat.12:49-50) yang menjadi ciri khas jemaat Yesus: “Dengan demikian setiap orang akan mengetahui bahwa kamu adalah murid-Ku jikalau kamu mengasihi satu sama lain.” (Yoh.13:35).
Mengikuti Kristus pada masa kini tidaklah kurang menantang. Artinya kita belajar untuk tetap setia mengarahkan diri kita kepada Yesus, tumbuh semakin dekat dengan-Nya, mendengarkan firman-Nya dan menjumpai-Nya dalam sakramen-sakramen; ini berarti menyelaraskan kehendak kita dengan kehendak-Nya. Untuk itu dibutuhkan suatu tempat pembinaan yang tepat bagi semua orang yang ingin mempersiapkan diri untuk pelayanan imamat dan hidup bakti (religius atau biarawan-biarawati) di bawah bimbingan para pejabat Gereja yang kompeten. Tuhan tidak sia-sia memanggil umat-Nya pada setiap jenjang kehidupan untuk mengambil bagian dalam perutusan-Nya dan melayani Gereja dalam diri para pelayan tertahbis dan kaum religius. Gereja dipanggil untuk “menjaga anugerah ini, menghargai dan mencintainya. Gereja harus bertanggung-jawab terhadap kelahiran dan perkembangan panggilan imamat” (Yohanes Paulus II, Anjuran Apostolik Pastores Dabo Vobis, 41). Khususnya pada masa kini, ketika suara Tuhan nampak dikalahkan oleh “suara-suara lain” dan undangan-Nya untuk mengikuti Dia melalui pengorbanan hidup nampak terlalu sulit, maka setiap jemaat Kristiani, setiap anggota Gereja, secara sadar harus merasa bertanggung-jawab demi memajukan panggilan. Sangatlah penting untuk mendorong dan mendukung mereka yang telah menunjukkan tanda-tanda yang jelas atas panggilan imamat dan hidup bakti dan membantu mereka merasakan kehangatan seluruh jemaat sehingga mereka mampu menjawab “ya” kepada Allah dan kepada Gereja. Saya mendukung mereka, dengan kata-kata yang persis sama dengan kata-kata yang saya sampaikan kepada para seminaris: “Anda telah melakukan suatu hal yang baik. Karena orang akan selalu membutuhkan Allah, bahkan pada era dunia yang dikuasai oleh teknologi dan globalisasi: mereka akan selalu membutuhkan Allah yang telah menyatakan diri-Nya dalam Yesus Kristus, Allah yang mengumpulkan kita semua dalam Gereja universal supaya belajar bersama Dia dan melalui Dia makna hidup yang sejati agar dapat menegakkan dan melaksanakan standar kemanusiaan yang sejati” (Surat kepada Para Seminaris, 18 Oktober 2010).
Adalah sesuatu yang hakiki bahwa setiap Gereja Lokal menjadi semakin peka dan perhatian terhadap reksa pastoral panggilan, khususnya dalam membantu anak-anak dan kaum muda di setiap keluarga, paroki dan kelompok-kelompok tertentu – sebagaimana telah diperbuat oleh Yesus sendiri kepada para murid-Nya – menumbuhkan suatu persahabatan yang sejati dan penuh kasih kepada Tuhan, mengolahnya dalam doa-doa pribadi maupun liturgis (bersama); tumbuh dalam keakraban dengan Kitab Suci dan karenanya mendengarkan Firman Tuhan dengan penuh perhatian dan menghasilkan buah yang melimpah; memahami bahwa masuk ke dalam kehendak Allah itu tidaklah menghancurkan diri pribadi, melainkan sebaliknya justru menghantar seseorang mencapai pada penemuan kebenaran yang terdalam tentang diri sendiri; dan akhirnya mampu membangun relasi dengan orang lain secara jujur dan penuh rasa persaudaraan, karena hal itu terjadi bila kita mau terbuka terhadap kasih Allah hingga kita mampu menemukan kegembiraan yang sejati dan meraih cita-cita kita. “MENDORONG PANGGILAN DALAM GEREJA LOKAL” berarti memiliki keberanian, melalui perhatian terhadap keprihatinan akan panggilan, untuk menunjukkan cara mengikuti Kristus yang menantang ini, karena maknanya sungguh kaya dan melibatkan seluruh hidup seseorang.
Yang terkasih saudaraku para uskup, saya ingin menyapa Anda semua secara khusus. Untuk menjamin kontinuitas dan perkembangan misi Kristus yang menyelamatkan, Anda harus “mendorong panggilan imamat dan hidup bakti sebanyak mungkin, dan Anda harus memiliki perhatian khusus pada panggilan missioner” (Christus Dominus, 15). Tuhan membutuhkan Anda untuk bekerja-sama dengan Dia untuk menjamin bahwa panggilan-Nya sampai ke dalam hati mereka yang telah Dia pilih. Pilihlah secara seksama mereka yang bekerja di Kantor (Komisi) Panggilan Keuskupan yang menjadi sarana promosi panggilan dan organisasi pastoral panggilan dan doa yang menopang dan menjamin semuanya itu secara efektif. Saya juga ingin mengingatkan Anda, para uskup yang terkasih, perhatian terhadap Gereja universal terkait dengan pendistribusian para imam di seluruh dunia secara adil. Keterbukaan hati Anda terhadap kebutuhan-kebutuhan di banyak keuskupan yang sedang mengalami kekurangan dalam hal panggilan akan menjadi berkat Allah bagi jemaat-jemaat di keuskupan Anda dan menjadi suatu tanda bagi umat beriman akan suatu pelayanan imamat yang memberi perhatian secara tulus terhadap aneka kebutuhan seluruh Gereja.
Konsili Vatikan II secara jelas mengingatkan kita bahwa “tugas pengembangan panggilan terletak pada seluruh jemaat Kristen, terutama melalui peri hidup Kristiani yang sungguh-sungguh” (Optatam Totius, 2). Maka dari itu saya ingin menyampaikan pesan khusus sebagai ungkapan pengakuan dan dukungan saya bagi mereka yang bekerja di berbagai bidang bersama para imam di paroki-paroki mereka. Khususnya, saya tujukan kepada mereka yang dapat menawarkan suatu bantuan khusus pada reksa pastoral panggilan : para imam, keluarga-keluarga, para katekis dan ketua-ketua kelompok/organisasi di paroki. Saya minta kepada para imam suatu kesaksian tentang persekutuan mereka dengan uskup-nya dan dengan para imam rekan sekerja mereka; sebab dengan demikian berarti menyediakan tanah yang subur untuk penyemaian benih-benih panggilan imamat. Semoga keluarga-keluarga “dijiwai oleh semangat iman dan kasih serta ditandai sikap bakti….” (Optatam Totius, 2), mampu membantu anak-anak menerima panggilan imamat dan kehidupan religius secara tulus. Semoga para katekis dan para pimpinan organisasi Katolik serta gerakan-gerakan gerejani, yang diperkuat oleh pendidikan misi, berusaha “membimbing kaum muda yang dipercayakan kepada mereka sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengenal dan menerima dengan suka rela panggilan illahi” (ibid).
Saudara-saudariku yang terkasih, komitmen Anda terhadap pengembangan dan keprihatianan terhadap panggilan menjadi begitu penting; dan dilihat dari sudut reksa pastoral sangatlah efektif kalau semua itu dilakukan dalam kesatuan dengan Gereja dan demi pelayanan jemaat. Atas dasar alasan inilah maka setiap saat dalam kehidupan jemaat Gereja ini – katekese, pertemuan-pertemuan pembinaan, doa-doa liturgis, ziarah – dapat menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga demi pembangunan Umat Allah, khususnya bagi anak-anak dan kaum muda, rasa ikut memiliki Gereja dan tanggung-jawab untuk menanggapi panggilan imamat dan kehidupan religius dengan pemahaman yang cukup dan keputusan yang bebas.
Kemampuan untuk mendorong panggilan adalah suatu tanda vitalitas suatu Gereja Lokal. Dengan yakin dan setia, marilah kita berdoa mohon bantuan kepada Perawan Maria, bahwa melalui teladannya untuk menerima rencana Allah yang menyelamatkan dan melalui permohonanya yang sangat kuat-kuasa, setiap jemaat menjadi semakin lebih terbuka untuk menyatakan “ya” kepada Tuhan yang secara terus menerus memanggil para pekerja yang baru ke panenannya. Atas dasar harapan ini, dengan gembira saya memberikan Berkat Apostolik saya.

Dari Vatikan, 15 November 2010.


Benedictus PP XVI

Penerjemah: Karya Kepausan Indonesia (KKI)

Mencari Nama Hari 
Saturday, April 23, 2011, 11:14 Posted by Administrator
Artikel ini adalah pelengkap untuk artikel sebelumnya: "Menghitung Hari Paskah".

Mengingat-ingat nama hari untuk peristiwa yang sudah lama terjadi sering- kali sulit. Demikian pula menyebut nama hari beberapa puluh/ratus tahun yang akan datang, misalnya tahun 2030 sama sulitnya.
Dalam artikel “Menghitung Hari Paskah” menggunakan Tabel TPP ditemu- kan Tanggal Purnama Paskah setelah menghitung Mod (tahun/19). Sesudah tanggal itu ditemukan, tugas berikutnya adalah menentukan hari ybs. supaya dapat menghitung kapankah hari Minggu setelah TPP. Untuk menemukan hari tersebut kita memang dapat melihatnya di dalam kalender tahunan. Tetapi siapakah yang pada saat ini memiliki kalender tahun 2030?
Di bawah ini kami sediakan alat bantu sederhana, yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Tersedia 3 tabel yang diperlukan, yaitu 1) Tabel Nilai Bulan, 2) tabel Nilai Tahun (periode 1900-2199), dan 3) Tabel Sisa Modulus.
Tabel 2 dapat Anda lanjutkan sendiri sampai tahun 2199.



Rumus untuk menemukan nama hari adalah:



Contoh penggunaan:
Tanggal 30 Maret 2030 = hari … ?
Nilai bulan Maret = 4
Nilai tahun 2030 = 1
MOD(30 + 4 + 1)/7 = MOD (35/7) = 0
Dalam Tabel 3, 0 adalah Sabtu.
Jadi tanggal 30 Maret 2030 adalah hari Sabtu.

Selamat mencoba.


Menghitung Tanggal Paskah 
Tuesday, April 19, 2011, 07:52 Posted by Administrator




Setiap kali kita merayakan Paskah, kita mengalami fakta bahwa Hari Raya Paskah selalu jatuh pada hari Minggu, tetapi tanggalnya berubah-ubah terus.
Pergeseran tanggal Paskah itu antara 21 Maret sampai 25 April. Mengapa demikian? Dan bagaimanakah cara menentukan tanggal Paskah tersebut?

1. MENGGUNAKAN TABEL
Perhitungan tanggal hari Paskah mengikuti dua pola kalender, yaitu kalender surya dan kalender candra. Kalender surya adalah kalender yang didasarkan pada peredaran bumi mengelilingi matahari (1 tahun = 365,25 hari), sedangkan kalender candra berdasar pada peredaran bulan mengelilingi bumi (1 tahun = 355 hari).

Titik awal perhitungan tanggal Paskah adalah datangnya musim semi (karena Palestina dan Eropa memiliki 4 musim). Musim semi adalah awal cahaya terang dan kesegaran hidup di bumi, melambangkan Kristus cahaya dan kehidupan bagi dunia. Awal musim semi itu terjadi pada tanggal 21 Maret. Siklus musim semi akan berulang kembali setiap 19 tahun.
Sesuai dengan kebiasaan Yahudi yang merayakan Paskah setelah hari ke-14 dalam bulan (= saat bulan purnama), maka purnama pertama setelah 21 Maret itu disebut sebagai "Tanggal Purnama Paskah" (TPP). Dari sinilah kemudian dicari hari Minggu terdekat sesudahnya. Jadi hari Minggu Paskah adalah hari Minggu setelah Tanggal Purnama Paskah.
Karena jumlah hari ada tujuh, maka ada tujuh kemungkinan TPP. Siklus 7 hari itu tidak terulang, karena adanya tahun kabisat. Maka siklus tersebut akan berulang setiap 7 x 4 = 28 tahun sekali; inilah yang disebut siklus syamsiah.
Dengan demikian siklus tanggal paskah akan berulang setiap 28 x 19 tahun atau 532 tahun. Siklus ini disebut Siklus Victorius , karena untuk pertama kali diperkenalkan oleh Victorius dari Aquitaine di Roma pada tahun 457.

Terdapat dua versi perhitungan tanggal Paskah, yakni
- sistem Kalender Julius.
Merupakan metode yang pertama kali digunakan; sudah ada perhitungan tahun kabisat, tetapi belum memperhitungkan bahwa perputaran sistem matahari itu tidak persis 365,25 hari, tetapi kurang sedikit (365,23xxx). Oleh karena itu setelah beberapa abad terjadi selisih perhitungan dengan kalender astronomis. Digunakan sejak tahun 326 Masehi oleh Gereja Ortodols Timur.
- sistem Kalender Gregorius.
Metode ini mulai digunakan setelah reformasi kalender Gregorian tahun 1582. Adapun cara kerjanya diuraikan secara rinci oleh Clavius dalam bukunya "Six Canons" tahun 1582. Digunakan oleh Gereja Katolik dan Protestan pada umumnya.

Di sini hanya akan disajikan sistem Kalender Gregorian saja. Untuk lebih jelasnya, kita lihat tabel berikut ini:

Tabel TPP untuk tahun 1900 - 2199 Masehi
(300 tahun; M=Maret, A=April)



Keterangan:
Modulus thn:19
artinya angka tahun dibagi 19, sisanya = ....
TPP = Tanggal Purnama Paskah.

Misalnya kita ingin tahu tanggal berapa Paskah tahun 2010.
2010 : 19 = 105, sisanya = 15.
Dalam tabel, di bawah angka 15 tertulis 30M. --> TPP untuk tahun 2010 adalah 30 Maret.
Hari apakah 30 Maret 2010 itu? Selasa.
Minggu Paskah adalah hari Minggu setelah TPP, yaitu 4 April.

Dengan menggunakan tabel di atas, nampaknya perhitungan menjadi mudah. Tetapi perlu diingat, bahwa untuk menentukan hari TPP diperlukan cara tersendiri. [lihat: Mencari Nama Hari]

2. MENGGUNAKAN ALGORITMA
Selain menggunakan tabel, pencarian tanggal paskah juga dapat dibuat dengan menggunakan algoritma atau perhitungan aritmatika biasa, yaitu: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus, dan penyimpanan (plus, minus, kali, bagi, modulus, assign. Untuk itu dapat digunakan kalkulator atau komputer.

2.1. Algoritma Gauss
Seorang ahli matematika bernama Carl Friedrich Gauss memperkenalkan algoritma penghitungan tanggal Paskah (sistem Gregorian dan Julian) pada tahun 1800, dan direvisi pada tahun 1816.


Catatan: mod = modulus; floor = pembulatan ke bawah.

2.2. Algoritma Gregorius Anonim
Algoritma ini dibuat oleh seorang koresponden dari New York yang dimuat dalam harian Nature pada tahun 1876. Algoritma ini khusus dibuat untuk sistem Gregorian, dan sudah mengalami beberapa kali cetak ulang:
1877 pada The Ecclesiastical Calendar, 1922 pada General Astronomy, 1977 pada Journal of the British Astronomical Association , 1988 pada Practical Astronomy With Your Calculator , dan 1991 pada Astronomical Algorithms.


Selamat Mencoba !!!

Sumber (saduran bebas) dari Wikipedia
Selamat Paskah.
Chris SG


<<First <Back | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 Gereja Katolik St Ignatius Magelang