Selamat Datang di Website
Gereja Katolik St Ignatius Magelang
   
Acara SeRABI 2010 
Tuesday, June 1, 2010, 09:32 - BERITA Posted by Administrator


1. LATAR BELAKANG
Arus modernisasi global yang booming saat ini telah membawa pengaruh yang signifikan di dalam semua segi kehidupan, termasuk dalam kehidupan anak-anak saat ini. Gaya hidup yang cenderung mengarah ke egosentris, hanya berpusat pada diri sendiri juga tengah melanda di semua tingkat umur.
Anak-anak tidak luput dari semua pengaruh lingkungannya. Mereka saat ini cenderung lebih suka nonton TV, main playstation dan buka facebook ataupun bermain game online sampai berjam-jam daripada bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Dari kecenderungan tersebut, anak-anak banyak menyerap hal-hal yang berbau kekerasan, egois, bahkan sekarang ini tontonan TV banyak ditayang hal-hal yang tidak sehat dan tidak layak ditayangkan bagi anak-anak.
Hal ini makin diperparah dengan kesibukan orang tua yang waktunya telah habis untuk bekerja di luar rumah, sehingga kadang-kadang anak-anak dalam kesehariannya hanya ditemani oleh pembantu atau baby sitter. Kondisi seperti ini mengakibatkan perkembangan jiwa dan rohani anak menjadi agak terabaikan.
Bahkan dari pengamatan kacamata kami, ada satu kecenderungan yang patut disayangkan yaitu bahwa banyak sekali orang tua yang kurang peduli pada pendidikan rohani anaknya. Hal tersebut pada umumnya bukan karena ketidakmampuan, tapi lebih banyak dikarenakan ketidakmauan untuk peduli.
Hal-hal tersebut di atas menjadi satu keprihatinan tersendiri bagi kami, dan dengan segala keterbatasan yang ada pada kami, kami ingin mewujudkan kepedulian kami terhadap anak-anak dengan mengadakan satu kegiatan acara rohani anak untuk mengisi liburan panjang anak-anak.
Kami mengadakan acara tersebut sama sekali tidak ada tujuan komersil atau untuk mencari keuntungan secara materi, karena dari tahun ke tahun kami harus berjuang mencari dana untuk mensubsidi anak-anak, pendamping (remaja & mudika) yang mengikuti acara tersebut, alias kami selalu nombok.

Kegiatan rohani anak yang kami selenggarakan tersebut kami beri nama :
SeRABI (SEkolah Rohani Anak Bina Iman)



Untuk tahun 2010 ini, kami mengambil tema :
“with JESUS we can do more…”

Tema ini mengacu pada tema Tahun Syukur Keuskupan Agung Semarang, dengan semangat BERSYUKUR dan BERBAGI BERKAT.
Dengan tema tersebut kami akan memberikan session-session :
 mengarahkan anak-anak pada pemahaman keadaan lingkungan sekelilingnya, dan bagaimana mereka sebaiknya menyikapi keadaan tersebut,
 untuk selanjutnya belajar mensyukuri setiap apa yang telah dianugerahkan Tuhan, dan menumbuhkan semangat untuk berbagi dengan teman-temannya yang membutuhkan,
 menumbuhkan iman, harapan, kasih di dalam TUHAN YESUS. Dengan berkat dan kuasa TUHAN YESUS, apapun yang kita persembahkan sekecil apapun itu bisa menjadi berkat yang luar biasa bagi sesama.
Session-session tersebut akan dibawakan oleh Romo-romo.

Doa dan harapan kami, apa yang kami rencanakan dan akan kami laksanakan dalam acara SeRABI 2010 semoga bisa menjadi berkat bagi anak-anak, semoga Roh Kudus bekerja dengan kuasa-Nya menumbuhkan benih-benih iman dalam hati anak-anak dan setiap orang yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dan dilibatkan dalam acara ini. Amin.



2. BENTUK DAN TUJUAN KEGIATAN
Dalam acara SeRABI kami akan isi dengan berbagai kegiatan rohani bersama anak-anak yaitu :
• Pujian dan Firman
• Session-session yang mengacu pada tema
• Permainan-permainan
• Outbound
• Kebangunan Rohani Orangtua dan AnaK dalam acara yang kami namakan KROAK
• Misa / perayaan Ekaristi
• Action kebersamaan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Di dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan tersebut, kami akan memberi materi-materi untuk memberikan nilai-nilai dan pelatihan :
• Kemandirian anak
• Rasa tanggung jawab anak
• Keberanian
• Kebersamaan
• Kepedulian terhadap teman/sesama & lingkungan sekitar
• Kepemimpinan dan organisasi
Dengan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan menumbuhkan benih-benih rasa syukur, iman, dan CINTA TUHAN serta semangat berbagi berkat terhadap sesama.



3. SASARAN KEGIATAN
Sasaran dari kegiatan rohani “SeRABI” :
• Peserta : anak-anak SD kelas 3 – SMP kelas 8
• Pendamping : remaja atau mudika yang mempunyai
kepedulian dan mau melayani anak-anak


4. WAKTU dan TEMPAT
Waktu : Minggu 27 Juni 2010 s/d Selasa 29 Juni 2010
Tempat : Seminari Menengah St. Petrus Canisius
Jl. Raya Mertoyudan Magelang
Telp. 0293-326718


5. SUSUNAN ACARA

MINGGU, 27 Juni 2010

 Daftar Ulang
 Session 1 : “Dunia kita”
 Makan Malam
 Meet & Greet, plus Doa Malam

SENIN, 28 Juni 2010
 Senam pagi, Doa Pagi
 Sarapan
 Session 2 : “What can we do?”
 Makan Siang
 Game & Outbound
 Makan Malam
 Kebangunan Rohani Orangtua & AnaK

SELASA, 29 Juni 2010
 Doa Pagi
 Sarapan
 Session 3: “with JESUS we can do more…”
 Misa
 Makan Siang
 Action kebersamaan
 Sayonara

Dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu/Rekan-rekan mudika/PIR untuk bergabung dengan kami dalam SeRABI 2010, melayani anak-anak. Partisipasi aktif dapat diwujudkan dalam bentuk perhatian-support, doa, tenaga, materi, atau dana.
Hubungi kami :

Panitia SeRABI 2010
e-mail : SeRABI2010_ignatius@yahoo.co.id
sms : 087834299010
Partisipasi dalam bentuk dana bisa ditransfer ke :
Rekening Tahapan BCA-Magelang
No. 344.0269981
Atas nama : Th. Dellyana Ayu Dewi


Atas perhatian dan bantuan yang diberikan,
Panitia SeRABI 2010 mengucapkan TERIMA KASIH.
TUHAN memberkati.

Ekaristi Syukur 70 tahun Keuskupan Agung Semarang  
Monday, May 31, 2010, 18:53 - BERITA Posted by Administrator



Muntilan - Minggu, 27 Juni 2010
Merenungkan: EKARISTI SEBAGAI SYUKUR ATAS KETERLIBATAN UMAT 
Saturday, May 1, 2010, 16:17 - Inspirasi Posted by Administrator
Hari ke-2

Hari ini hari Minggu Paskah V. Hari ini juga menjadi Novena Tahun Syukur KAS yang kedua, yang erenungkan tema Pewartaan Injil di Jawa. Kebetulan pula hari ini adalah hari kedua dari bulan Mei, bulan Maria, yang di Keuskupan Agung Semarang sejak tahun 1999 telah dij adikan Bulan Katekese Liturgi atau BKL. BKL di KAS telah berjalan persis 12 tahun pada tahun 2010 ini. Akan tetapi herannya, dari evaluasi ternyata masih sebagian besar umat beriman di KAS ini yang tidak mengenal apa itu BKL? Kasihan deh Komisi Liturgi… atau…kasihan deh umat yang belum kenal BKL? Atau kasihan deh kita semua yang kurang memperkenalkan apa itu BKL ya?

Sesuai dengan fokus pastoral KAS yang menjadikan tahun 2010 ini sebagai Tahun Syukur, tema BKL tahun 2010 ini ialah Syukur atas Keterlibatan Umat dalam Ekaristi. Mengapa keterlibatan umat dalam Ekaristi perlu disyukuri? Ya, karena keterlibatan umat dalam Ekaristi termasuk hakekat liturgi sendiri. Dari sononya (istilah kerènnya: dari hakekatnya) liturgi menuntut partisipasi seluruh umat beriman sepenuhnya, secara sadar dan aktif (Konstitusi Liturgi dari Konsili Vatikan II: Sacrosanctum Concilium no. 14), mengingat liturgi selalu erupakan perayaan seluruh Gereja (bdk. Sacrosanctum Concilium no. 26). Demikianlah, Perayaan Ekaristi adalah perayaan seluruh Gereja yang menuntut keterlibatan seluruh umat. Misa Kudus itu bukan hanya urusan Pastor Paroki, Tim Liturgi Paroki, para Prodiakon, Lektor, dan para petugas lainnya. Apa jadinya liturgi yang digarap dengan apik, para petugasnya dilatih bagus, tetapi umat yang hadir banyak yang terlambat, selama Misa ber-SMS ria, kalau ada telepon masuk ke HP diterima sambil bilang: “Sebentar ya, aku lagi Misa….”.

Pokoknya sebagus apapun liturginya dan petugasnya, tetapi kalau umatnya tidak terlibat dengan seluruh hati, budi dan pikiran, ya sama saja. Itulah sebabnya, keterlibatan umat dalam Ekaristi mesti diupayakan dan disyukuri!

Merenungkan: UMAT KAS MERAYAKAN TAHUN SYUKUR 
Friday, April 30, 2010, 19:19 - Inspirasi Posted by Administrator
RENUNGAN BULAN KATEKESE LITURGI

Hari ke-1

Bergembira dan memuliakan Allah adalah ciri utama umat beriman yang mengalami kebaikan Allah, mengalami keselamatan yang datang dari Tuhan. Dalam Kitab Suci, kita banyak menemukan teks yang menyebutkan kegembiraan orang yang mengalami keselamatan dari Tuhan (mis. Kis 13:48). Refren pada Mazmur Tanggapan pada bacaan Misa hari ini juga mengumandangkan suasana hati yang sama: Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita (Mzm 98). Istilah lain dari bergembira dan memuliakan Allah adalah bersyukur! Dan apabila bersyukurnya itu sepanjang tahun, maka seluruh tahun itu disebut Tahun Syukur.
Tahun 2010 ini menjadi Tahun Syukur umat beriman se Keuskupan Agung Semarang. Ada banyak alasan untuk bersyukur bagi kita. Syukur atas ulang tahun KAS yang ke-70 tahun, yang persisnya besok tanggal 25 Juni; syukur atas semangat berbagi sebagaimana digulirkan KEK I dulu (Kongres Ekaristi tahun 2008); syukur atas keterlibatan anak, remaja, kaum muda dan keluarga; syukur atas Tahun Imam 2009-2010; dan tentu saja syukur atas habitus baru yang digulirkan Ardas 2006-2010. Kita juga telah mengetahui bahwa tema Tahun Syukur KAS ini adalah Terlibat Berbagi Berkat.
Pujian-syukur ternyata adalah tindakan paling puncak yang dibuat Gereja dalam hidup imannya sepanjang sejarah! Apabila umat beriman mampu bersyukur, umat beriman telah sampai pada inti puncak yang pantas dibuat bagi Allah, sesama dan alam lingkungan, karena pujian-syukur inilah makna asli dari kata EKARISTI, yang berasal dari kata Yunani: eucharistia yang artinya ya itu tadi: pujian syukur. Padahal Gereja meyakini sepanjang sejarahnya bahwa Ekaristi adalah sumber dan puncak seluruh kehidupan umat kristiani (Konstitusi Dogmatis dari Konsili Vatikan II: Lumen Gentium no. 11). Konsekwensi wajar dari rumusan Ekaristi sebagai sumber dan puncak seluruh kehidupan umat kristiani ialah bahwa pujian syukur menjadi acara dan kegiatan sentral dan puncak dari seluruh hidup umat beriman, termasuk di Keuskupan Agung Semarang.


<<First <Back | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 Gereja Katolik St Ignatius Magelang