Selamat Datang di Website
Gereja Katolik St Ignatius Magelang
   
PESAN SUCI  
Sunday, January 24, 2010, 03:15 - Inspirasi Posted by Administrator


Apa yang terjadi jika motivator Hermawan Kertajaya dan rohaniwan Romo Kirjito bertemu di sebuah gereja di lereng Merapi ? Mereka akan saling memberikan motivasi untuk menghadapi bangsa yang kian karut marut ? Mungkin. Namun yang jelas, di ketinggian dan keheningan Merapi, mereka menyelenggarakan syukuran 62 tahun hidup di dunia. Tentu mereka, pria – pria kencana yang telah mengabdikan kehidupan untuk membangkitkan semangat kemanusiaan orang lain tersebut, tak hanya akan meniup nyala lilin ulang tahun pada 18 November yang dingin dan disertai gerimis riwis itu. Karena itu mereka sepakat menyelenggarakan syukuran yang lebih bermakna, yakni meminta Orkes Sinten Remen pimpinan Djaduk Ferianto memainkan lagu – lagu kritis dan mengajak para wartawan berpameran foto. Djaduk dan kawan – kawan seperti biasa mengocok perut seisi Gubug Selo Merapi, tempat pertunjukan, dengan lagu – lagu kritis dan kocak. Merespons bangsa yang sedang dililit persoalan korupsi dan pertikaian antara Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) dengan Kepolisian dan Kejaksaan, Djaduk, Silir Pujiwati, dan Anita Siswanto melantunkan nomor ‘Maling Budiman’. Lagu yang antara lain menyndir para penegak hokum yang justru menjadi maling serta maling yang kian hari makin mulia ini, mendapat tepuk tangan riuh. Lagu ini juga membuat para penonton tertawa terbahak – bahak. ‘Ini sebenarnya bukan lagu baru. Tiga tahun lalu kami sudah menyanyikannya. Namun karena korupsi dan keinginan menjadikan bangsa ini sebagai ‘Negeri maling’ musim lagi, kami akhirnya melantunkannya berulang – ulang. Bahkan bersama lagu – lagu anti korupsi lain, lagu ini akan dijadikan sebagai ikon perlawanan terhadap maling dalam satu album’, kata Djaduk. Sinten Remen tak hanya mengkritik. Melantunkan ‘Imagine’ yang diplesetkan sebagai karya Mas Harjono dan bukan John Lenon, orkes sableng ini mengajak para penonton menghapus sekat – sekat yang menyebabkan perpecahan. Apakah lirik semacam ini cocok dinyanyikan disebuah dukuh di pegunungan yang sunyi? Sangat cocok. ‘Imagine’ tak dinyanyikan dalam nada yang asing bagi telinga awam. Silir, Anita, dan Djaduk yang berkostum layak santri ( bersarung dan berpeci) meskipun dia Katolik, menyanyikan, ‘ Imagine there’s no Heaven/ It’s easy if you try/ No hell below us only sky/ Imagine all people/ Living for today’ dalam irama keroncong yang kental. Karena itu pesan – pesan perdamaian bisa sampai. Yang tahu bahasa inggris mangut – mangut. Yang tak tahu juga mangut – mangut. Para santri yang nonton tak merasa mendapatkan lagu yang asing bagi telinga. Para suster dan umat Katolik juga tak merasa tengah berhadapan dengan mahkluk lucu yang menyanyikan lagu – lagu aneh di gereja mereka. Ya, akhirnya lirik ‘Imagine there’s no countries/ Isn’t hard to do/ Nothing to kill or die for/ And no religion too/ Imagine all the people/ Living life in peace’ yang dilantunkan secara kocak menjadikan suasana di Merapi sebagai malam penuh kedamaian dan perdamaian. Kritik Sosial Akan tetapi pesan suci perhelatan, yang disaksikan oleh penduduk setempat, wartawan dari berbagai penjuru, dan budayawan serta rohaniawan dari pelbagai kota itu, tak melulu pada masalah bagaimana menghilangkan persengketaan. Dalam pameran foto ‘Sedulur Merapi’, kita justru mendapatkan gugatan – gugatan spiritual dan sosial politik yang kental. Dengan dingin, lewat esai ‘Rebana Damai Lereng Merapi’ dalam katalog Sedulur Merapi, Romo Sindhunata, menjelaskan bagaimana peradaban Merapi berubah karena para pengusaha menggunakan back hoe untuk mengeruk pasir. Akibat alat berat mirip monster itu, tenaga manusia terpinggirkan, 600 truk beroperasi 24 jam, dan penduduk tak lagi bisa tidur dengan nyenyak. Kenyamanan telah digantikan deru truk, mata air hilang, debu – debu dan asap merusak tanaman. Sindhunata tak keliru. Lewat foto bertajuk ‘Protes begu’ karya V. Kirjito, para pengunjung pameran dipaksa menyaksikan raksasa tak kenal belas kasih itu mengeruk pasir hingga bumi tampak terluka. Penduduk desa tak bisa melakukan apa – apa kecuali menatap dengan sedih tanah kehidupan mereka dikeruk dan sebentar lagi dibawa ke kota. Hal sama juga tampak pada foto ‘Penambangan pasir dan batu’ karya Nina Atmasari. Dengan mengambil perspektif burung, Nina menyuguhkan pemandangan yang mengenaskan Desa Keningar yang sedang dihajar oleh para penambang pasir. Lubang – lubang menganga. Bukit – bukit gugruk. Hanya tersisa sedikit pohonan di bukit yang juga terancam dibabat dan diabaikan peran – perannya sebagai pelindung tanah dari bahaya longsor. Hal sama juga tampak pada foto Eddy Hasby, ‘Mengunjungi Umat Sungai Senowo’. Apa yang direkam oleh sang jurnalis ? Hasby hanya memunculkan sesosok manusia di hamparan sungai yang telah mengering. Pesannya sangat jelas. Ia ingin mewartakan kepada publik betapa penambangan yang semena – mena akan menghilangkan mata air. Dan penghilangan mata air berakibat pada penghilangan sungai. Penghilangan sungai, kita tahu akan menghilangkan kehidupan. Perlawanan Apakah dalam pameran foto – foto jurnalistik itu tak kita dapatkan perlawanan ? Tentu saja. Ada beberapa kategori perlawanan. Kategori ‘damai’ ditunjukkan, misalnya, oleh Kirjito lewat ‘Watu Semar’. Dalam foto itu, sang fotografer ingin menunjukkan pada kita, batu yang satu ini jangan dihabisi. Jika dihabisi juga, orang – orang tak akan bisa menyaksikan keindahan hamparan sawah, langit biru jernih, dan sungai berkelok – kelok di Desa Ngargomulyo. Hal senada tampak pada foto ‘Bermain Air di Dam Sabo’. Karya P. Raditya Mahendra yasa. Foto tentang anak – anak yang sedang bermain di air terjun itu mengisyaratkan kepada kita betapa pembabatan hutan yang semena – mena dan penghilangan mata air yang sembrono, akan menghilangkan ‘peradaban air’ di pegunungan – pegunungan kita. Adapun kategori yang lebih menggugat ditunjukkan, misalnya oleh Slamet Riadi dalam ‘Menjadi Teladan’ atau Yusuf Kusuma dalam ‘Riyaya Adi Gagrak Merapi’. Dalam foto – foto itu, manusia benar – benar ditinjukkan jatuh terkapar dan tak mampu berbuat apapun kecuali menyungkurkan diri di hadapan Sang Alam. Gugatannya jelas : Jangan bikin alam marah kepada kami. Jangan bikin mereka menghapus kami dari batu – batuan, keheningan air, dan kehijauan pohonan. Juga muncul kategori verbal dan frontal. Kategori semacam itu muncul dalam foto ‘Protes Pentakosta Air’ karya Yusuf Kusuma yang menggambarkan kemarahan orang karena sungai mereka telah tercemar sehingga mereka hidup dalam penderitaan yang tak tertangguhkan. Kirjito lewat foto ‘Aksi Keprihatinan Air’ bahkan bilang, ‘Tolong kami, Pasirku amblas, airku bablas’. Pendek kata sesungguhnya pameran 97 foto bertajuk Sedulur Merapi tak bisa hanya dianggap sebagai selebrasi sunyi untuk ulang tahun seorang resi. Foto – foto itu sebenarnya lebih merupakan representasi dan refleksi para jurnalis sahabat Romo Kirjito yang ingin menggugat keserakahan orang – orang kota yang merusak lingkungan Merapi. Foto – foto itu menjeritkan luka dan derita lingkungan sekaligus dengan samar memberikan solusi agar Merapi tetap asri dan menghidupi. Itulah pesan suci dari para ‘Sedulur Merapi’. ( Suara Merdeka, Bianglala – Minggu, 22 November 2009.)
CONTOH PROPOSAL 
Friday, January 22, 2010, 13:22 - Pastoral Posted by Administrator
PROPOSAL PERMOHONAN SUBSIDI DANA
PAROKI ST. IGNATIUS MAGELANG
KEGIATAN PROGRAM
1 Paroki Paroki St. Ignatius Magelang
2 Judul Kegiatan Rekoleksi Remaja dan Putra Altar
3 Bidang/Tim Kerja/Paguyuban Pewartaan. Tim Kerja PIR
4 No. Dalam RAPB 5-02-05 no. 1
5 Penanggungjawab Kegiatan (Ketua Panitia-Koordinator Tim Kerja) Ignatia Cipluk Sukacita
6 Latar Belakang Kegiatan • Upaya Memumbuhkan Panggilan Hidup Membiara Sejak Dini
• Pengenalan Sejarah Gereja Dan Para Misionaris Katolik
7

Tujuan Kegiatan
• Membuka wawasan kaum muda termasuk anak-anak dan remaja, terhadap sejarah gereja katolik di wilayah Indonesia secara umum dan Jawa Tengah secara khusus
• Membuka peluang terhadap kemungkinan hadirnya panggilan hidup
• membiara di kalangan kaum muda gereja
8 Indikator Keberhasilan • Tumbuhnya minat untuk semakin terlibat dalam kegiatan gereja
• Keterlibatan dan keaktifan peserta dalam kegiatan
9 Kelompok Sasaran dan rencana jumlah peserta • Anak-anak Remaja dan putra-putri altar sebagai motivator
Jumlah 50 (lima puluh) orang
10 Waktu Pelaksanaan Hari / Tanggal : Minggu, 06 Juli 2010
Waktu : 08.00 - 16.00 WIB
Tempat : Museum Misi Muntilan dan Makam Para
Rohaniwan (Kerkop)







11




Rincian Anggaran Pengeluaran Rencana
Biaya Rencana Pendanaan
Usaha Tim Kerja (Kontrb. Peserta) Dewan Paroki Sumber Lain **)
By. Administrasi Rp 150.000,- Rp 150.000,- 0 0
By. Nara Sumber Rp 250.000,- 0 0 Rp 250.000,-
By. Materi Pertemuan Rp 100.000,- 0 0 Rp 100.000,-
By. Konsumsi Rp 850.000,- 0 Rp 850.000,- 0
By. Dokumentasi Rp 50.000,- Rp 50.000,- 0 0
By. Transportasi Rp 1.250.000,- Rp 750.000,- Rp 500.000,- 0
By. Akomodasi Pertemuan Rp 150.000,- Rp 150.000,- 0 0
By. ………………… 0 0 0 0
Jumlah Rp 2.800.000,- Rp 1.100.000,- Rp 1.350.000,- Rp 350.000,-
**) Sumber Lain
Dimintakan Subsidi ke Donatur A Rp. 250.000,-
Dimintakan Subsidi ke Donatur B Rp. 100.000,-
*) Kegiatan tersebut sudah tercantum dalam RAPB
Yogyakarta, 30 Mei 2010
Pemohon
Cipluk
(Ig. Cipluk Sukacita)
Ketua Panitia/Koordinator Tim Kerja

Mengetahui:


(Ignatius) ( P. Pethak Gembira Ria)
Romo Pendamping/Paroki Ketua Bidang Pewartaan

TEPAS, PILKADA, DAN PILIHAN SEMPURNA (catatan kecil Tepas 2010) 
Wednesday, January 20, 2010, 23:24 - Inspirasi Posted by Administrator
Kau genggam tanganku saat diriku lemah dan terjatuh. Kau bisikan kata, dan hapus semua sesalku. Kau begitu sempurna, dimataku kau begitu indah. Kau membuat diriku akan selalu memujamu. Di setiap langkahku, ku akan selalu memikirkan dirimu. Tak bisa kubayangkan hidupku tanpa cintamu………. ‘. Demikian bunyi syair lagu ‘Sempurna’ yang dinyanyikan oleh Gita Gutawa. Barangkali sosok ideal seperti yang digambarkan dalam lagu itulah yang kita cari untuk dipilih pada Pemilihan Kepala Daerah ( PILKADA ) tahun 2010 ini. Paling tidak yang mengarah mendekati ideal sempurna. Tapi apakah mungkin ? Tentu tidak, karena ‘kesempurnaan’ adalah milik Tuhan Sang Politikus sejati. Apalagi hanya dalam waktu yang sangat singkat melalui pencitraan lewat media untuk bisa menjadi orang baik ( ? ). Dengan peserta yang memiliki peluang yang sama untuk dipilih, maka akan memunculkan persaingan yang sangat ketat dalam memperebutkan suara. Disamping itu, ketersediaan informasi, kecerdasan dan wawasan pemilih bisa dibilang sangat terbatas. Salah satu agenda umat di Keuskupan Agung Semarang ( KAS ) tahun 2010, dibeberapa kota/ kabupaten di wilayah kerja KAS adalah turut melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah. Tercatat dalam paparan hari kedua Temu Pastoral ( TEPAS ) 2010 di Klaten yang berlangsung pada tanggal 13 – 14 Januari 2010 lalu, diantaranya ; Kota Pekalongan – 7 April 2010, Kabupaten Kebumen – 11 April 2010, Kota Semarang – 18 April 2010, Kabupaten Purbalingga – 18 April 2010, Kota Surakarta – 26 April 2010, Kabupaten Rembang – 26 April 2010, Kabupaten Boyolali - 9 Mei 2010, Kabupaten Sukoharjo – 3 Juni 2010, Kabupaten Kendal – 6 Juni 2010, Kota Magelang – 6 Juni 2010, Kabupaten Semarang – 31 Juli 2010, dan Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Wonogiri, Klaten, Pemalang – antara Juli sampai Desember 2010. PILKADA merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian proses demokrasi di Indonesia. Sebuah demokrasi yang autentik bukan sekedar hasil pelaksanaan formal sebuah aturan, melainkan buah dari pengakuan dan keyakinan akan nilai – nilai yang menjadi sumber ilham prosedur demokrasi , yakni martabat pribadi manusia, penghargaan atas paham hak asasi manusia, pengakuan kesejahteraan umum sebagai tujuan dan kriteria kehidupan politik. Secara umum dapat dikatakan strategis, karena lewat Pilkada maka proses pelimpahan kekuasaan dan distribusi kewenangan masuk dalam kerangka Pemerintahan yang sehat. Untuk memilih yang terbaik jelas sangat sulit, butuh proses yang lama. Namun meski semua daftar pilihan belum ideal saat ini, minimal dapat melihat bagaimana track record nya ditengah masyarakat. ‘Pilkada adalah membangun otoritas politik di daerah. Dan otoritas politik harus menciptakan kehidupan komunitas yang tertata dan benar, yang tidak dapat menggantikan prakarsa pribadi dan kelompok, tetapi dalam penghargaan terhadap kebebasan individual dan sosial setiap subyek mempengaruhi dan mengarahkan prakarsa tersebut guna perwujudan kesejahteraan umum’ (Kompedium ASG, 394). Oleh sebab itu sejenak perlu mencari waktu dan kesempatan untuk mengenali semua peserta Pilkada yang ada atau ditawarkan di wilayah kita masing – masing, dan juga kepribadian peserta Pilkada lebih dari hanya mengenal nama dan gambarnya saja. Menggunakan hak pilih akan lebih baik. Tidak perlu apriori bahwa hasilnya pasti buruk. ‘ Kita tidak memilih yang terbaik, melainkan mencegah yang paling buruk. Kalau kita tidak ikut, suara kita otomatis menguntungkan yang lain – lain, termasuk mereka yang jelas – jelas tidak kita kehendaki’. ( Frans Magnis Suseno, SJ.). Dengan demikian pemasangan foto – foto di jalanan tentu akan kurang bermanfaat lagi. Yang terpenting bagaimana kedekatan calon kepala daerah dengan masyarakat. E. Yusuf Kusuma
SYARAT-SYARAT PERNIKAHAN 
Thursday, January 14, 2010, 15:01 - Pelayanan Sakramental Posted by Administrator
PROSES dan PERSYARATAN PERNIKAHAN
PAROKI ST. IGNATIUS MAGELANG

PENTING: Untuk persiapan dan urusan pernikahan ini tidak bisa diwakilkan kepada orangtua/saudara/orang lain,
calon pengantin harus menghadap sendiri kepada Rama Paroki.

TIGA BULAN sebelum hari H rencana pernikahan, calon pengantin telah mendaftarkan diri kepada Rama Paroki setempat,
sekaligus membuat janji: kapan Penyelidikan Kanonik/Wawancara dilaksanakan.

Sebelum Penyelidikan Kanonik/Wawancara dilaksanakan, calon pengantin telah menyerahkan persyaratan administratif sbb.:

A. Gereja
1. Kutipan Surat Baptis terbaru. (pembaharuannya di Gereja yang bersangkutan dibaptis minimal 6 bulan sebelum hari H pernikahan)
2. Piagam Kursus Persiapan Berkeluarga yang asli. (jadual & formulir pendaftaran kursus diminta di Sekretariat Paroki)
3. Surat Keterangan Pernikahan Dari Lingkungan. (blangko Surat Keterangan diminta di Sekretariat Paroki)
4. Pas Foto Calon Pengantin Berdampingan Berwarna ukuran 4 X 6, 3 lembar. (pria di sebelah kanan wanita)
5. Surat Ijin Kawin Dari Komandan apabila anggota TNI/POLRI atau Sipil TNI/POLRI.
6. Surat Ijin Kawin Dari Kedua Orangtua, apabila calon pengantin Pria berusia antara 19-21 tahun dan Wanita antara 16–21 tahun.
7. Fotocopy KTP Saksi Pernikahan 2 orang, 1 lembar. (1 orang dari pihak pria & 1 orang dari pihak wanita)
8. Fotocopy Surat Baptis/Sidi dilegalisir oleh Gereja, apabila salah satu calon pengantin baptis di Gereja Kristen, 2 lembar.
9. Fotocopy Akta Kelahiran.
10. Menunjukkan Surat Keterangan Untuk Nikah Dari Kelurahan Model N1, N2, N3 dan N4.
11. Iura Stolae diserahkan kepada Rama yang memberkati.
12. Sumbangan Administrasi Rp 10.000,- (diserahkan ke Sekretariat Paroki)
13. Sumbangan Untuk mengurus Dispensasi Perkawinan Rp 10.000,- (diserahkan ke Sekretariat Paroki)
14. Sumbangan pemakaian listrik Gereja (bila ada Video Shooting) Rp 50.000,- (diserahkan ke Sekretariat Paroki)
15. Stofmap, 1 lembar.
16. Ucapan terimakasih untuk pelayan Gereja: koster dan misdinar. (kerelaan hati, diserahkan kepada yang bersangkutan)

B. Kantor Kependudukan Dan Catatan Sipil
SEBULAN sebelum hari H perkawinan, calon pengantin telah mendaftarkan diri dan menyerahkan persyaratan administratif di bawah ini untuk sahnya perkawinan sesuai Hukum Negara ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Magelang.
(Pernikahan dapat dicatatkan apabila kedua calon pengantin atau salah satunya ber-KTP Kota Magelang. Masa berlaku surat-surat dibawah cuma 3 bulan, maka sebaiknya dalam mengurus persyaratan di bawah ini 2 bulan sebelum hari H pernikahan)
1. Surat Keterangan Untuk Nikah Model N 1, N 2, N3 dan N 4 Dari Kelurahan yang Asli. (penulisan nama calon pengantin dan nama orangtua disamakan dengan Akta Kelahiran)
2. Surat Keterangan Kesehatan Dari Puskesmas yang ada di Kota Magelang.
3. Fotocopy Akta Kelahiran, 1 lembar dilegalisir oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil setempat.
4. Fotocopy Akta Kematian/Surat Kematian Orangtua, 1 lembar dilegalisir oleh instansi yang mengeluarkan.
5. Fotocopy Kartu Keluarga, 1 lembar dilegalisir oleh Camat.
6. Fotocopy KTP Calon Pengantin, 1 lembar dilegalisir oleh Camat.
7. Fotocopy KTP Saksi Perkawinan 2 orang, 1 lembar dilegalisir oleh Camat. (1 orang dari pihak pria & 1 orang dari pihak wanita)
8. Fotocopy KTP kedua orangtua, 1 lembar dilegalisir oleh Camat.
9. Fotocopy Surat Baptis, 1 lembar dilegalisir oleh Gereja.
10. Fotocopy Ijasah/STTB, 1 lembar dilegalisir P dan K, apabila penulisan nama di Akta Kelahiran ada yang disingkat.
11. Pas Foto Calon Pengantin Berdampingan Berwarna ukuran 4 X 6, 3 lembar. (pria di sebelah kanan wanita)
12. Surat Ijin Kawin Dari Komandan, apabila anggota TNI/POLRI atau Sipil TNI/POLRI.
13. Akta Ijin Kawin dari Kantor Kependudukan Dan Catatan Sipil, dilampiri Surat Ijin Kawin dari kedua orangtua apabila calon pengantin Pria berusia antara 19-21 tahun dan Wanita antara 16–21 tahun.
14. Akta Perceraian Asli, dari Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil apabila calon pengantin duda/janda cerai, atau
Fotocopy Surat Kematian, apabila calon pengantin duda/janda mati, 1 lembar dilegalisir oleh Lurah dan Camat.
15. Stofmap, 1 lembar.
16. Biaya Administrasi Pencatatan Pernikahan Rp 75.000,-

Bagi WNI Keturunan, ditambah:
17. Fotocopy SBKRI, Fotocopy Surat Ganti Nama calon pengantin atau orangtuanya dilegalisir oleh Pengadilan Negeri, @ 1 lembar; plus Fotocopy Akta Perkawinan Orangtua dilegalisir oleh Instansi yang mengeluarkan, 1 lembar.

Catatan Penting
1. Lektor, Paduan Suara, Misdinar dan Bunga-bunga Hiasan Altar dipersiapkan sendiri oleh calon pengantin.
2. Pilihan Hari/Tanggal/Waktu Pemberkatan Pernikahan dibicarakan dengan Rama yang memberkati.
3. Konsep Buku Panduan Liturgi Pernikahan supaya dibicarakan terlebih dahulu dengan Rama, dan 2 minggu sebelum hari H Pernikahan, calon pengantin sudah menyerahkan buku panduan yang telah direvisi kepada Rama.
4. Apabila persyaratan administratif untuk urusan Gereja dan Catatan Sipil belum lengkap, Rama tidak berkenan memberikan pemberkatan pernikahan.
5. Testimonium Matrimonii/Surat Nikah Gerejawi diambil di Sekretariat Pastoran pada jam kerja.
6. Setelah Akta Pernikahan dari Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil jadi, calon pengantin wajib menyerahkan fotocopyannya kepada Gereja lewat Sekretariat Pastoran, 1 lembar.
7. Calon Pengantin berasal dari Paroki St. Ignatius Magelang, tetapi 3 bulan lebih tinggal/menetap di tempat lain dan bermaksud untuk melangsungkan pernikahannya di Gereja St. Ignatius Magelang, maka Proses Administratif dan Penyelidikan Kanonik diselesaikan di Paroki setempat.


<<First <Back | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | Next> Last>>

 
    LoginAdmin        @copyright 2009 Gereja Katolik St Ignatius Magelang